Adab kepada kedua orang tua kitab Taisirul Kholaq

Tuesday, February 02, 2021 Pak Dedek 0 Comments

pexels-mukhtar-shuaib-mukhtar-4369958

Ayah dan ibu merupakan sebab adanya manusia ini. Andaikata bukan karena jerih payah mreka berdua, tentu manusia ini tidak bisa hidup mapan. Andaikata tidak ada kesengsaraan mereka berdua, pasti manusia ini tidak dapat merasakan kesenangan.

Mengenai ibu, dia telah mengandung dengan rasa susah payah, begitu pula ketika melahirkan. Sedangkan ayah, dia telah mencurahkan semua kemampuannya dalam mencapai kebaikan untuk perawatan badan dan jiwa anaknya. Oleh sebab itu, anak harus selalu mengingat jasa baik kedua orangtuanya, agar bisa berterima kasih kepada mereka atas jasanya. Mematuhi semua perintah kedua orangtua, kecuali jika diperintah maksiat. Jika perintah maksiat, maka tidak perlu ditaati. Duduk di hadapannya dengan khusyuk, sopan dan tidak mengungkit kesalahan mereka berdua. Tidak menyakiti mereka berdua, meskipun hanya dengan mengucapkan cih atau hus. Tidak terus menerus membantah mereka berdua. Tidak berjalan di depan orangtua, kecuali ketika melayani mereka. Mendoakan kedua orangtua, agar mendapat rahmat dan ampunan dari Allah swt. Mendorong ayah dan ibu agar berbuat baik dan mencegahnya brbuat kemungkaran, agar si anak menjadi sebab mereka selamat dari siksa neraka.

Allah swt. Berfirman :

 “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu-bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah : ‘Wahai Tuhaku, kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’.”

Camkanlah uraian di atas dan hendaklah si anak itu lebih mengutamakan ibunya, karena Nabi saw bersabda :

“Bakti kepada ibu itu mesti dua kali lipat kepada ayah.”

0 Comments:

BLOG_CMT_createIframe('https://www.blogger.com/rpc_relay.html', '0');