Keutamaan Ilmu

Sunday, February 13, 2022 Pak Dedek 0 Comments

Assalamualaikum sahabat blogger.

Alhamdulillah kali ini saya akan berbagi sedikit tentang keutamaan Ilmu dan Ulama.

Sebelum kita masuk ke pembahasannya mari simak ayat berikut :

Ali Imran ayat 18

شَهِدَ اللّٰهُ اَنَّهٗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۙ وَالۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَاُولُوا الۡعِلۡمِ قَآٮِٕمًا ۢ بِالۡقِسۡطِ‌ؕ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُؕ

Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia; (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa, Maha-bijaksana.

Mari kita renungkan ayat diatas, bagaiman Allah swt pertama kali mengawali dengan dzatnya kemudian Malaikatnya, dan kemudian kepada Ahli Ilmu. Batapa hal ini merupakan kemuliaan dan keluhuran bagi orang yang memiliki ilmu atau yang biasa kita sebut dengan ulama.

Nabi Muhammad saw, pernah berabda:

 

روى أبو أمامة قال: سُئِل رسول الله صلّى الله عليه وسلّم عن رجلين: أحدهما عالم والاخر عابد, فقال صلّى الله عليه وسلّم: فضل العالم على العباد كفضلى على أدنا كم رجلا

 

“Diriwayatkan dari Abu Umamah, berkata: Rasulullah Saw. ditanya tentang 2 orang, yang satu orang alim dan yang satunya ahli ibadah. Rasulullah Saw. bersabda: keutamaan orang alim terhadap ahli ibadah seperti keutamaanku terhadap orang yang paling rendah di antara kalian (sahabat)”

Sesaat saja kita duduk bersama orang alim, atau dimajlis Ilmu disiang maupun malam hari umpamanya seperti memerdekakan seribu orang, betapa besar ganjaran yang Allah berikan kepada siapa saja yang senang belajar terutama belajar ilmu Agama maka allah swt akan memuliakan orang tersebut.

Sahabat Umar bi Khattab ra. Mengatakan “aku mendengar Nabi saw bersabda

Barang siapa berjalan kemajlis orang alim, maka baginya seratus kebaikan sebagai ganti setiap langkah. Jika dia duduk didekat dan mendengarkan apa yang diucapkan, maka bagi dia satu kebaikan sebagai ganti setiap kalimat.(HR. Nawawi dalam kitab Riyadus Shalihin).

Demikianlah artikel singkat ini, semoga kita selalu diberikan kemudahan dan hidayah untuk lebih giat  mendengarkan atau belajar ilmu agama kepada ulama-ulama.

Wassalamualaikum.

0 Comments:

BLOG_CMT_createIframe('https://www.blogger.com/rpc_relay.html', '0');