Pengertian, Manfaat, Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid

Thursday, February 03, 2022 Pak Dedek 0 Comments

    Definisi Ilmu Tajwid – kita seorang muslim ? sudah bisakah kita  membaca al-Qur'an ? Apakah kita sudah benar dalam membaca al-Qur'an ? hmmm, begitulah yang ditanyakan kepada seorang muslim. Mungkin ada yang jawabannya sudah bisa dan telah fasih dalam membaca al-qur'an, ada yang menjawab masih belajar, ada juga yang menjawab belum bisa sama sekali. Tak bisa dipungkiri tak semua orang muslim itu bisa membaca al-Qur'an dengan  baik dan benar, lancar dan fasih, termasuk saya pribadi. Saya juga masih belajar dan belum sepenuhnya bisa apalagi fasih. Untuk itu, jalan agar kita dapat membaca al-qur'an dengan lancar ialah dengan membiasakannya walaupun kita tidak bisa, lebih baik bisa karena terbiasa, daripada bisa karena dipaksakan. Lantas bagaimana agar kita dapat membaca al-qur'an dengan fasih ? Jawabannya satu yaitu dengan mempelajari Ilmu tajwid. Bahkan mungkin diluar sana masih ada yang sama sekali tidak tau apa itu tajwid..

Yuk simak penjelasannya.


تعريف علم التجويد:
 

هو إخراج كل حرفٍ من مَخْرَجِهِ ، وإعطاؤه حقه ومُسْتَحَقُّه من الصفات 

فحق الحرف: هو صفاته اللازمة التي لا تنفك عنه،مثل: الهمس والجهر والقلقلة والشدة ...وغير. 

أما مُسْتَحَقُّ الحرف: فهو صفاته العارضة التي تعرض له في بعض الأحوال،وتنفك عنه في البعض الآخر لسببٍ من الأسباب،مثل: التفخيم والترقيق والإدغام...وغيرها 

-وفائدته: صون اللسان عن اللحن في ألفاظ القرآن الكريم عند الأداء…. 

حكمه:  

(أ) حُكْمُ تَعَلُّمِه: فرضُ كِفَايَةٍ،فإذا قام به البعض سقط عن الآخرين. 

(ب) حُكْمُ تطبيقه: هو فرضُ عَيْنٍ لمَنْ يقرأ القرآن،حيث يجب أن يعرف الأداء الصحيح عن طريق المشافهة.

 

Pengertian Ilmu Tajwid

Lafadz Tajwid menurut bahasa artinya membaguskan.

Sedangkan menurut istilah adalah: "Mengeluarkan setiap huruf dari tempat keluarnya dengan memberi hak dan mustahaknya."

Yang dimaksud dengan hak huruf adalah sifat asli yang selalu bersama dengan huruf tersebut, seperti al-Hams, AI Jahr, Qalqalah, as-Siddah dan lain sebagainya.

Sedangkan yang dimaksud dengan mustahak huruf adalah sifat yang nampak sewaktu-waktu, seperti tafkhim, tarqiq, idgham dan lain sebagainya.

Manfaat  Ilmu Tajwid

Menjaga lisan dari lahn (bacaan yang tidak sesuai) saat membaca al-Quran

Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid

Hukum mempelajari Ilmu Tajwid secara teori adalah fardhu kifayah, bila sebagian orang dari suatu kaum telah mempelajarinya maka gugur kewajiban atas lainnya.

Sedangkan hukum membaca Alquran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid adalah fardhu 'ain. Maka diwajibkan bagi seseorang saat membaca al-Quran sesuai dengan kaidah tajwid yang benar yang ia dapatkan dengan cara musyafahah (tatap muka dengan seorang guru)

Pada zaman Rasulullah s.a.w, al-Quran dibaca dengan penuh penghayatan dan bertajwid. Justeru, kita digalakkan untuk membaca al-Quran dengan baik agar dapat memberi kesan kepada diri kita.

 

Aisyah r.a meriwayatkan, Rasulullah s.a.w bersabda, yang Artinya “Orang yang mahir dengan al-Quran (hafalan dan bacaannya yang amat baik dan lancar) kedudukannya di akhirat adalah bersama para malaikat yang mulia dan taat,adapun orang yang membaca al-Quran dan tersekat-sekat dalam bacaannya, sedangianya amat payah, baginya adalah dua pahala.” [HR. Bukhari dan Muslim]

0 Comments:

BLOG_CMT_createIframe('https://www.blogger.com/rpc_relay.html', '0');