Sembilan Tahun Bersama Blogspot

Thursday, March 03, 2022 Abdurrahman Murad 24 Comments

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

To the point aja…

just be honest guys, saya bingung mau  memulai  this writing dari mana.  Ini adalah tulisan pertama saya dan awal mula saya membuat blog dan mengenal istilah blogging, yaitu dari seorang sahabat saya waktu diasrama dulu disalah satu pesantren di Jawa Timur.

By the way, Saat itu saya melihat beliau sedang asik bermain bersama laptop barunya di kantin kampus. Kemudian saya bertanya lagi ngapain cak? Oh ini, lagi membuat tulisan di blog. Tanpa a i u e o, beliau langsung menceritakan kepada saya tentang blog atau blogspot. Dan beruntungnya saya beliau langsung melihatkan blog pribadinya dan mengatakan jika saya berminat membuat blog beliau siap membantu sebisanya. Beliau sangat baik hati berbagi ilmu gratisnya tentang blog kepada saya, dan beberapa hari setelah diskusi panjang mengenai blog dari cara membuat, menulis artikel, dan lain lain.

Selang waktu berjalan seiring dengan kesibukan saya sebagai mahasiswa baru diperguruan tinggi dan juga seorang santri disalah satu pesantren semuanya terlupakan dengan sendirinya, dan tak pernah lagi saya dengar istilah-istilah seperti itu. Hingga disuatu hari tepatnya hari ini 12 Oktober 2012 disinilah saya sering berinteraksi dengan internet menyewa warnet disekitar kampus untuk mencari materi bahan kuliah, dan mulai iseng-iseng mencari informasi di internet tentang "cara membuat blog". Akhirnya saya mendapatkan tutorialnya, dan langsung saya praktekkan.

Dan disinilah awal kebingungan saya entah telah membuat blognya atau baru sekedar membuat akun gmail atau sudah mendaftar di blogspot, yang jelas, apa yang barusan saya buat, saya tinggalkan begitu saja. Karena mungkin saya belum memiliki tujuan pasti untuk menekuni kegiatan ini, sehingga kegiatan ini saya tinggalkan.

Akhirnya semester pertama saya dikampus sudah berlalu dan sekarang naik kesemester 2, semangat ngeblog saya pun muncul lagi siring dengan seringnya saya kewarnet untuk mngetik tugas kuliah mencari bahan untuk presentasi kelas. (Maklum pada saat itu saya belum memiliki laptop pribadi, jika ada tugas warnetlah jadi tempat bersandar.) weka weka weka

Kemudian saya kepikiran alangkah lebih bagusnya tulisan blog ini saya mulai dengan materi materi yang saya dapat dari dosen dikelas.

Langsung tak lama setelah itu, saya pun serius membuat blog tentang apa yang menjadi style saya. Yaa seorang santri dan juga seorang mahasiswa . Setelah memikirkan matang-matang, akhirnya blog pertama saya jadi (www.binzeen.blogspot.com). Betapa bahagianya saat itu.

Seiring berjalannya waktu blog www.binzeen.blogspot.com ini lupa password emailnya sehingga saya mengganti blog saya dengan blog yang sekarang saya gunakan.

Berbagai pengalaman ilmu yang saya dapat dibangku kuliah dan pesantren bahkan yang ilmu yang tidak saya dapatkan di dua tempat itu pun  saya tulis di sini, dengan niat semangat berbagi. Dan dengan semangat berbagi  ini juga yang membuat saya terus menulis dan menukil menjadi seorang blogger, sampai hari ini.

Demikian cerita pendek dan tidak jelas bahkan berantakan ini. tentang Cerita awal membuat blog dan perjalanan menjadi seorang blogger, semoga bermanfaat. bagaimana dengan antum? Apakah bercita cita menjadi seorang blogger juga ? jawabannya ada pada diri antum.

Tulisan ini sudah beberapa kali di edit.

#blogger

 

 

24 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Luar biasa.
    Lanjutkan berbagi

    ReplyDelete
  3. Ah mas, saya jadi ingat masa-masa lalu. Dulu sering ke warnet sampai akhirnya jadi operator warnet. Gajinya kecil tapi seneng banget. Mulai dari sekadar chatting di mirc hingga bisa bikin blog, jualan online, dll. Teman-teman yang dulu saya kenal dari internet bahkan sampai sekarang masih saling kontak dan sering ngasih job.

    ReplyDelete
  4. Waah seru sekali perjalanan dalam memulai dan mempertahankan blog sampai saat ini. Semoga bisa terus berbagi dan menginspirasi yaa pak!

    ReplyDelete
  5. Tetap terus menulis pak dede, semangat terus pak dede

    ReplyDelete
  6. Keren banget 9 tahun bisa konsisten nulis di blog. semoga tulisannya membawa berkah dan manfaat ya kak.

    ReplyDelete
  7. Mantap pak dedek. Saya hampir sama nih sama Pak Dedek. Bedanya, saya sempat pindah platform di 2016 menjadi wordpress.

    ReplyDelete
  8. pasti pengalaman yang berharga ya. banyak kisah dimulai dari ngeblog

    ReplyDelete
  9. Saya dulu bikin blog waktu SMA karena ikut2an teman, tapi cuma bikin aja terus dianggutin. Pas kuliah baru tuh diisi macem2 ada cerpen, materi kuliah, atau curcol ngalor ngidul. Pas tahun 2019 saya bikin lagi blog baru dengan niat mau belajar nulis yg bener dan konsisten. Niat doang. Nulisnya msih bolong2.😁

    ReplyDelete
  10. Wah, mantap banget pak. Dulu awal aku ngeblog waktu awal kuliah ke malang, lg kangen rumah, masih galau habis putus sama mantan, jd isi blog aku dulu curhatan semua, hahaha. Eh, tapi itu salah satu hal yang bisa bikin aku tegar jauh dari rumah untuk pertama kalinya sih. Bisajadi self healing jg ya ternyata pak.

    ReplyDelete
  11. Smngat ya pak dedek.. tulisan nya inspiratif.. mengingatkan perjalan sya dlu sbg blogger yg udah 6x gonta ganti blog.. hehee

    Smoga smakin berkembang ya pak dedek

    ReplyDelete
  12. Saya malah dah 10 tahun lebih keknya, cuma blognya ya gitu aja sih, baru serius setahun belakangan

    ReplyDelete
  13. Wah semangat terus yaa.. pengalaman yang sangat menarik. Ditunggu cerita selanjnya. Salam kenal dari Jatim.

    ReplyDelete
  14. Mirip-mirip sama awal saya ngeblog. Mulai pas kuliah semeseter 1. Semangat pak

    ReplyDelete
  15. Mantap nih sudah 9 tahun. Pasti udah jago. Sama kita mas setia sama blogspot. Salam blogger buat kakak senior

    ReplyDelete
  16. mantap banget pakkk udah 9 tahun berjalan bareng blognyaa. smoga saya tetep ngeblog dengan penuh rasa seperti bapakk

    ReplyDelete
  17. Wah, selamat, sembilan tahun yang keren... Pantas dirayakan.

    Sy jg ngeblog dr tahun 2012 tp banyak hiatusnya, jd weh disebutnya tetep pemula Hoho...

    ReplyDelete
  18. Udah lama punya blog tapi selalu saja ada kendala (blognya jadi sering berhenti dan tidak konsisten), tapi tiba tiba pengen nulis lagi. Semoga itu pertanda semesta ya pak, kalau saya ini sebenarnya passionnya di menulis dan bisa dapat penghasilan juga dari sini. Itu cerita singkat saya pak, hehe

    ReplyDelete
  19. Waalaikumsalam, Pak Dedek.

    Ternyata kita sama sudah 9 tahun bareng Blogspot. Cuma kalo aku, baru aktif menulis di blog lagi sejak 2017 karena potensi cuan yang menggiurkan. Alhamdulillah, bisa bertahan sebagai full time blogger sampai saat ini.

    ReplyDelete
  20. Saya mulai kenal blogspot sejak 2008. Waktu itu tergiur adsense heee... Tpi gk pernah serius sampe thun 2018. Skrng Alhamdulillah sudh lumayan rutin posting...

    ReplyDelete
  21. Wah ternyata selama ini saya beranggapan bahwa, platfrom blogspot sudah di tinggalkan oleh penggunanya.

    Kalau begini ceritanya, kemungkinan saya bakalan ngeblog lagi nih 👍😁

    ReplyDelete