Tiga Peristiwa Besar Yang Terjadi di Bulan Ramadhan

Tuesday, March 01, 2022 Abdurrahman Murad 12 Comments

Pada bulan Ramadhan, banyak peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi. Dan sudah selayaknya kita sebagai umat Islam untuk memperingati hari-hari tersebut dengan memperbanyak dzikir dan beribadah kepada Allah Swt. Sebagai bentuk rasa syukur kita  kepada Allah Swt. Adapun Tiga peristiwa penting yang dilansir dari NU Online pada 27 Mei 2018, pukul 12.30.

Inilah tiga peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadhan yang terjadi di zaman Rasulullah ï·º:

1.     Bulan diturunkannya Al-Qur’an Saat Nabi mencapai usia 40 tahun, Allah mengutusnya untuk alam semesta, mengeluarkan mereka dari sesatnya kebodohan menuju terangnya pengetahuan. Tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan 13 tahun sebelum Hijriyah Nabi menerima wahyu pertama. Pakar astronomi, Syekh Mahmud Basya menuturkan, waktu itu bertepatan dengan awal Februari tahun 610 Masehi. Mendekati masa-masa turunnya wahyu pertama, Nabi sangat sering berkhalwat di gua Hira, menjauh dari manusia dan beribadah khusyu’ di sana selama beberapa hari. Terkadang 10 hari, terkadang lebih sampai satu bulan. Ritual ibadah Nabi di gua Hira mengikuti tata cara yang dipakai kakeknya, Nabi Ibrahim As. Di tengah-tengah peribadatannya di gua Hira, Nabi didatangi sosok yang tak pernah dikenalnya. “Bergembiralah wahai Muhammad, aku Jibril. Dan engkau adalah utusan Allah untuk umat ini,” tutur sosok malaikat itu. Kemudian Jibril menyuruh Nabi membaca, Nabi menjawab tidak bisa. Perintah itu sampai diulang tiga kali oleh Jibril, jawaban Nabi sama “Mâ anâ bi qarî’in, aku tidak bisa membaca.” Kemudian Jibril membacakan wahyu pertama, Surat al-Alaq ayat 1 sampai 5.

2.     Perang Badar Perang Badar atau biasa disebut Ghazwah Badr al-Kubra adalah perang yang menjadi pembeda, menandai awal kejayaan kaum Muslimin. Dengannya Allah memuliakan Islam, meninggikan menaranya, dan mengikis berhala-berhala. Dalam peperangan ini, Nabi membawa 313 pasukan Muslim, menghadapi 950 pasukan non-Muslim. Perbedaan jumlah pasukan yang mencolok tersebut tidak lantas mengecilkan nyali tentara Muslim. Dengan tekad yang kuat membela Nabi, kaum Muslimin berhasil memporak-porandakan pasukan kafir. Allah menguatkan mereka dengan malaikat-malaikat. Kaum kafir Quraisy lari sejadi-jadinya, kaum Muslim mengejar mereka, membunuh, dan menawan. Dari pasukan Muslim, gugur 14 orang syahid. Dari pasukan kafir, yang terbunuh dan tertawan masing-masing 70 orang. Di antara yang terbunuh adalah Abu Jahal. Selepas perang, Nabi memerintahkan untuk mengebumikan Muslim yang gugur, demikian pula memakamkan kafir yang terbunuh. Beliau kembali ke Madinah disambut senandung nan indah oleh pemuda-pemuda Madinah: “Telah datang sang purnama kepada kami, dari bukit Tsaniyyah al-Wada’. Wajib bagi kita bersyukur, selagi orang berdoa senantiasa memanjatkan do’a. Duhai Rasul kami, engkau datang dengan membawa ketaatan”. Peristiwa perang badar terjadi pada hari Jumat 17 Ramadhan tahun 2 Hijriyah bertepatan dengan 13 Maret 624 Masehi.

3.     Pembebasan Kota Makah Tanggal 20 Ramadhan tahun 8 Hijriyah merupakan waktu yang bersejarah dalam Islam. Di tanggal tersebut, Rasulullah dan para sahabtanya berhasil menaklukan kota Mekah dalam sebuah peperangan yang disebut dengan perang Fathu Mekah (penaklukan Mekah). Peperangan tersebut dipicu oleh perlakuan orang Quraisy yang merusak satu perjanjian dari beberapa perjanjian Hudaibiyyah. Orang Quraisy bersekongkol dengan kabilah lainnya untuk memerangi orang-orang yang berdamai dengan Rasul. Dalam pertempuran itu, Nabi mengerahkan 10.000 pasukan Muslim. Rasul mengutus sahabat Khalid bin Walid sebagai panglima perang dan memerintahkannya agar tidak memulai menyerang sebelum diserang. Bersama mereka, Nabi berperang dalam keadaan berpuasa, kemudian berbuka di tengah jalan karena mengalami keberatan (masyaqqah).

Sumber:https://islam.nu.or.id/ramadhan/tiga-peristiwa-penting-di-bulan-ramadhan-dalam-sejarah-nabi-kof4l

12 comments:

  1. Sebentar lagi Ramadhan. Semoga kita bisa memetik hikmah dan selalu menjadi pribadi yg lebih baik^^

    ReplyDelete
  2. Masya Allah.. Rindu sekali padamu Nabi, 😭😭

    ReplyDelete
  3. Wahh terima kasihh atas informasinya pakkk sekalipun saya tidak merayakan tp pastinya ini menambah wawasan pengetahuan juga kepada saya. Selamat menjalankan puasa sebentar lagi ya pak dedekk. Stay healthy and happy.

    ReplyDelete
  4. Wow saya malah hampir lupa pelajaran sejarah ini.

    ReplyDelete
  5. Smoga bulan Ramadhan ini banyak membawa berkah, kedamaian & ketenangan, khususnya bagi kaum Muslimin yaa.. salam damai Ramadahan utk Indonesia..

    Jaya Wiyaya Indonesia Rahayu

    ReplyDelete
  6. Semoga ramadan tahun ini kita bisa kita jalankan dengan sebaik baiknya pak. dan bisa mengikuti bagaimana rasulullah dalam menjalankan ibadah ramadan nya

    ReplyDelete
  7. wah nggak kerasa ya, ramadan tinggal hitungan hari :') jadi inget pelajaran jaman sekolah nih remindernya

    ReplyDelete
  8. Wah aku baru ngeh kalo peristiwa itu terjadi waktu lebaran. Semoga lebaran kali ini lancar dan berkah untuk semua yaa

    ReplyDelete
  9. Ga kerasa ramadhan tinggal hitungan hari :") semoga diberikan kelancaran dan keberkahan untuk kita semua

    ReplyDelete
  10. Marhaban ya Ramadhan.. tinggal menghitung hari,,

    ReplyDelete
  11. Terus tebarkan khazanah keilmuan yang mencerminkan wajah Islam yang ramah dan rahmah pak.

    ReplyDelete
  12. Semoga di bulan puasa kali ini semua amalan baik kita menjadi berkah, dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik.

    ReplyDelete