Tutorial Membuat Blog untuk Pemula

Sunday, October 17, 2021 Pak Dedek 1 Comments

 

Menjadi seorang konten writer memang menguntungkan. Berikut adalah beberapa tutorial singkat untuk membuat blog bagi pemula yang dapat anda terapkan.

Tutorial Membuat Blog untuk Pemula
Tutorial membuat blog untuk pemula – Menjadi seorang konten writer memang sangat menguntungkan. Selain dapat mengekspresikan apa yang anda fikirkan, anda juga bisa mendapatkan penghasilan.
Tidak sedikit orang yang membuat blog untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Seorang blogger profesional akan mendapatkan penghasilan yang besar loh.
Lalu, bagaimana tutorial membuat blog untuk pemula? Berikut ulasannya.
Tutorial Membuat Blog untuk Pemula
1 Menentukan Tujuan Pembuatan Blog
Pertama, anda harus menentukan tujuan pembuatan blog. Apakah blog tersebut anda buat untuk sebuah organisasi, atau untuk individu?
2 Pilih jenis Paltform Blog
Selanjutnya, pilihlah jenis platform blog yang tepat. Setidaknya ada 2 jenis platform yang cukup populer yaitu blogspot dan wordpress. Jika anda menginginkan blog yang simple, anda dapat menggunakan blogspot. Jika anda membutuhkan blog yang memilki fitur lengkap, pilihlah wordpress.
3 Memilih Niche yang Sesuai
Niche adalah sebutan untuk topik yang nantnya akan selalu anda bahas pada blog. Contohnya kesehatan, teknologi, informasi keuangan (finance) dan sebagainya.
4 Membuat Nama Domain Blog
Jangan lupa juga untuk menentukan nama domain blog anda. Pastikan nama domain yang anda gunakan singkat dan mudah diingat orang.
5 Membeli Hosting dan Domain
Hosting merupakan penyimpanan untuk file-file yang anda upload pada blog. Hosting ini sifatnya opsional, namun penyediaan hosting pada platform sangat terbatas. Untuk domain, sebenarnya ada domain gratis yang tersedia pada beberapa situs. Berfikirlah sebelum membeli hosting dan domain.
6 Lakukan Instalasi Blog jika Menggunakan WordPress
Jika anda menggunakan platform wordpress, lakukan instalasi blog. Anda dapat menggunakan wordpress self-hosted untuk blog pribadi.
7 Pahami Fitur yang Tersedia Sambil Melakukan Kustomisasi
Setelah melakukan instalasi, mulailah untuk menyesuaikan fitur yang terdapat dalam blog. Mulai dari tampilan, plugin, dan sebagainya . Jika anda belum mengetahuinya, anda dapat mencoba fiturnya satu persatu.
8 Mulai Menulis Konten pada Blog
Jika anda sudah melakukan kustomisasi, mulailah menulis konten pertama anda berdasarkan Niche blog. Posting konten secara konsisten, selamat mencoba!


1 comment: