Mengenal Seo Pada Blog atau Website (lengkap!)

Thursday, October 14, 2021 Pak Dedek 0 Comments


Apa itu SEO, bagaimana cara kerjanya, apa manfaatnya? Yuk simak penjelasnnya agar kamu lebih mengenal SEO pada blog atau website.

Mengenal SEO pada blog atau website.- Internet saat ini menjadi komoditas bagi semua orang. Tidak ada yang tidak kenal Internet. Hampir semuanya kenal dan juga membutuhkan.

Bahkan sudah ada yang ketergantungan, terutama bagi anak muda yang setiap harinya memegang smartphone. 

Tidak hanya Internet saja, saat ini dunia website ataupun blog juga mengalami peningkatan peminat. Yang dulunya peminatnya hanya sedikit. Kini sudah banyak orang yang minat dan ingin berkecipung.

Pasalnya, dengan website atau blog kita dapat melakukan banyak hal, terutama bagi para pebisnis yang ingin go digital. Pada akhirnya semua membutuhkan website maupun blog.

Tetapi tidaklah cukup jika hanya membuat sebuah blog ataupun website. Karena harus ada strategi untuk menarik pengunjung, seperti halnya sebuah toko yang ada pada pinggir jalan.

Jika tidak ada yang menarik, maka pengunjung tidak akan singgah, jika tidak ada yang mengetahui, maka pengunjung tidak akan ada yang bertanya. Sama halnya sebuah situs website ataupun blog.

Oleh Karena itu ada satu teknik yang sebagian orang atau perusahaan menggunakannya untuk marketing secara onine, yakni SEO (Search Engine Optimizition).

Lalu apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya? Nah, pada artikel kali ini mari kita mengenal SEO pada blog atau website secara singkat.

Pengertian SEO

SEO adalah kegiatan mengoptimasi sebuah situs atau website agar mendapatkan rangking pada mesin penelurusan. 

Kepanjangan dari SEO yakni “Search Engine Optimiztion” yang artinya optimasi mesin pencarian. Jadi pada intinya SEO itu adalah sebuah teknik melakukan optimasi mesin pencarian.

Manfaat SEO

SEO memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan jika teknik SEO nya benar dan baik. Adapaun manfaatnya sebagai berikut ini:

1. Mendapatkan rangking pada mesin pencarian.

2. Mendapatkan trafik organik dari mesin pencarian.

3. Lebih terpercaya.

4. Mendapatkan banyak keuntungan dari banyaknya pengunjung.

Dan masih banyak lagi manfaat yang akan Anda dapatkan jika menerapknya teknik SEO.

Cara Kerja SEO

Cara kerja SEO dari setiap mesin pencarian berbeda-beda, misalkan Google memiliki caranya sendiri, Yandex juga ada cara kerja lainnya, Yahoo juga, Bing juga, dan mesin pencarian lainnya.

Namun untuk Google memakai sebuah robot, jadi robot ini melakukan crawling, indexing, rangking. Sehingga jadilah sebuah hasil pada mesin pencarian.

Pada intinya cara kerja SEO itu sistem pencarian yang akan menampilkan hasil situs yang berdasarkan penilaian suatu robot dan pada akhirnya akan menampilkan hasil pencarian yang sudah ternilai tadi.

Optimasi SEO

Untuk melakukan optimasi SEO ada banyak hal yang harus Anda lakukan agar mendapakatkan hasil maksimal. Adapun hal-hal tersebut sebagai berikut ini:

1. SEO On Page

Yang pertama yakni SEO On Page, optimasi On Page ini meliputi segala sesuatu yang masih ada pada dalam situ,seperti tata letak, link, kata kunci, dan lain-lain.

2. SEO Off Page

Yang kedua yakni SEO Off Page, yakni optimasi diluar situs, salah satunya seperti backlink.

Kesimpulan dan Penutup

Dari semua itu bisa kita simpulkan bahwa optimasi SEO itu sangatlah penting, dan mengenal SEO pada blog atau website itu sangat kita perlukan, terutama yang ingin berkecipung dalam dunia SEO.

Dengan begitu Anda sudah bisa mengetahui hal-hal dasar dan yang sangat penting dalam SEO. Mungkin hanya itu pembahasan pada artikel ini mengenai mengenal SEO pada blog atau webstie.

Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom yang sudah kami sediakan. Terima kasih.

0 Comments:

BLOG_CMT_createIframe('https://www.blogger.com/rpc_relay.html', '0');