Pengertian dan Manfaat Domain Beserta Penjelasannya

Wednesday, October 13, 2021 Pak Dedek 0 Comments


 

Apakah kamu tahu apa itu domain dan apa manfaatnya? Yuk simak penjelasan lengkap mengenai pengertian dan juga manfaat dari domain.

Pengertian dan manfaat domain.- Saat ini dunia internet makin berkembang hingga banyak sekali perubahan yang sangat tampak jelas. Misalkan yang dulunya belanja hanya melalui offline, kini sudah beralih menjadi online.

Terutama saat pandemi ini, kegiatan online makin meningkat. Ada yang kerja sebelumnya offline menjadi online, sekolah online dan lain halnya. 

Tidak hanya itu saja, dalam lingkup blogger, banyak sekali orang yang mulai terjun untuk membuat blog dan menulis sebuah artikel. Alasannya karena ada yang bosan, mencari kerjaan, dan ada juga yang ingin meraup untung dari blog.

Tetapi ketika awal membuat blog, sebagai pemula pastinya harus mengetahui ilmu dasar-dasarnya. Paling tidak istilah-istilah yang berlaku, salah satunya seperti domain.

Bila tidak, maka tidak akan memahami dan akan kebingungan, apa sih domain itu, bagaimana sih bentuknya, gimana cara mendapatkannya, dan pertanyaan lainnya.

Oleh karena itu pada aritkel kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian domain dan juga manfaat domain untuk sebuah blog. 

Jangan kemana-kaman simak terus ulasan berikut ini.

Pengertian Domain

Apa itu domain? 

Mungkin terbesit dalam fikiran kita, terutama bagi para pemula. Banyak sekali yang menanyakan pertanyannya ini melalui forum ataupun chat pribadi.

Pada dasarnya domain adalah sebuah nama unik yang tidak ada duanya untuk mengidentifikasi sebuah situs online atau server komputer.

Fungsi dari domain untuk mempermudah seseorang yang ingin mengakses ke suatu alamat situs tertentu. Pada awalnya sebuah server komputer dapat kita akses melalui alamat IP (Internet Protocol).

Namun karena alamat IP berbentuk sebuah angka yang rumit dan susah sekali untuk kita hafal, maka dari itu muncullah domain yang mempermudah kita untuk mengingatnya.

Lalu apa manfaat domain itu?

Manfaat Domain

Domain memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan, antara lain:

1. Mempermudah orang untuk mengingat situs kita.

2. Dapat melakukan branding jika domain untuk bisnis atau hal lainnya.

3. Lebih terpercaya jika menggunakan domain TLD.

4. Terlihat profesional jika domainnya TLD.

Cukup banyak bukan manfaat dari domain? Sebetulnya masih banyak manfaat lainnya, namun pada intinya sama saja. 

Jadi pada intinya domain itu sangatlah bermanfaat untuk apapun, baik untuk pribadi, bisnis, atau urusan lainnya. Tanpa domain maka akan kesusahan dan akan ada banyak masalah.

Oleh karena itulah domain itu sifatnya unik, sehingga jika domain A sudah terpakai maka tidak bisa ada yang memakainya lagi.

Kesimpulan dan Penutup

Domain atau nama situs menjadi sebuah identitas dari sebuah situs yang kita buat. Baik itu situs pribadi, bisnis, atau situs lainnya. Jika tidak menggunakan domain, maka mengaksesnya harus menggunakan alamat IP.

Dari penjelasan tadi mengenai pengertian dan juga manfaat domain, bisa kita simpulkan bahwa domain itu sangatlah penting untuk sebuah situs. Jika tidak maka seorang user/pengunjung akan kesusahan untuk mengakses situs yang kita buat.

Oleh karena itu, seminimal mungkin situs kita harus mempunyai domain sendiri, paling tidak subdomain, baik itu wordpress ataupun blogspot tidak masalah.

Dan perlu Anda ingat juga, domain yang Anda tentukan jangan susah-susah, alias harus mudah untuk diingat dan juga dihafal oleh pengunjung.

Jika tidak sama saja, pengunjung akan kesusahan untuk mengakses situs kita. Sebisa mungkin dengan membaca sekali pengunjung sudah ingat dan hafal.

Mungkin itu saja pembahasan singkat pada artikel kali ini mengenai pengertian domain dan juga manfaat dari domain untuk sebuah situs.

Semoga apa yang saya jelaskan bermanfaat dan mudah untuk Anda ingat.

   


0 Comments:

BLOG_CMT_createIframe('https://www.blogger.com/rpc_relay.html', '0');